Bekam a.k.a Hijamah

B E K A M

Apa yang terlintas ketika membaca kata di atas?

Kalo gw sih ngeri, ngebayangin badan ditusuk-tusuk trus keluar darah menyerupai jelly gitu, kok rasanya udah lemes duluan.

Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiii… hal itu berubah setelah gw ngalamin pusing n tengkuk rasanya berat banget dua minggu terakhir! Terus di pangkal leher itu ada semacem jerawat yang membesar kalo gw berasa pusing dan mengecil kalo gw baik-baik aja, aneh kan???

Padahal cek kolesterol acak hasilnya normal, trus tidur juga baik-baik aja, ga lagi flu ato apapun lah itu, hamil apalagi!!!

Jadilah memberanikan diri untuk melakukan bekam, setelah sebelumnya nanya-nanya tetangga depan rumah yang punya “langganan” ahli bekam yang datang ke rumah, jadi tidak perlu repot-repot datang ke klinik ato apapun lah itu, tinggal menghubungi si Ibu dan kitanya tinggal duduk manis nungguin kedatangan beliau.

Apa aja yang perlu disiapkan sebelum bekam?

Pertama, MENTAL!!! Ga boleh takut, yakinkan diri bahwa kita melakukan bekam bertujuan untuk melakukan pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW (ebusetttt.. bgini amat bahasa gw). Etapi emang beneran, ini gw jadiin sugesti diri gitu. Oiya, kata si Ibu, ada salah seorang pasien blio yang baru 5 titik bekam udah ngeluh gelap semua, jadinya si Ibu ga berani lanjutin, daripada pingsan trus berabe kan???

Kedua, jangan makan berat (nasi dkk) minimal 2 jam sebelum dibekam. Kata si Ibu sih supaya ga muntah, jangan tanya gw hubungannya di sebelah mana. Pas gw kemaren sih makan terakhir pukul 1 siang, bekamnya pukul 5 sore, abis itu gw kelaperan kek orang puasa seharian hahaha..

Ketiga, mandiiiiiiiiiiiiiiiiiiii… karena sesudah bekam ga boleh mandi, soale kan sekujur tubuh kita dipenuhi luka T_T kalo langsung mandi dan kena sabun kan perihhhh banget itu! Seperti ditinggal pas masih sayang-sayangnyaaa.. eaaaa…

Keempat, ini sih pas proses bekamnya, jangan nyalain AC ato kipas angin, soalnya kan tubuh kita “terbuka” tuh, takutnya “masuk angin”.

Kelima, ini juga pas proses bekam, pake kain sarung aja, atau kain apapun, untuk memudahkan proses pembekaman.

Ehemmm.. sekarang gw mo cerita proses bekamnya..

Jadiii.. dari awal si Ibu udah wanti-wanti untuk tidak takut, gw sih dah siap-siap hape untuk ngalihin perhatian kan yak, eh ternyata si Ibuk komunikatif banget! Ngajakin gw ngobrol gitu, ngalor ngidul, sambil beliau beraksi ngerjain punggung gw.

Pertama, si Ibu ngolesin semacem minyak, gatau apaan, tapi agak anget gitu, diolesin di punggung sambil agak diurut gitu punggung gw, kayanya si tujuannya untuk mendeteksi ada benjolan liar yang patut dicurigai sebagai penyakit so_called tumor yang mana jika di titik itu dibekam, malah berbahaya. Screening punggung lolos dong, si Ibuk cuma bilang “wah ini merah semua punggungnya” merahnya refer ke kaya orang dikerokin kalo masuk angin sampe keluar bilur merah gitu lhooo..

Kedua, sesudah ngurut punggung, mulailah gw di-kop. Rasanya??? Amazing!!! Enaaakkkk banget! Apalagi kalo hobi diurut macem gw, pijetannya mbak-mbak terapis di K*nHermaw*n mah lewaaat.. Enak banget sumpah!!! Jadi itu kop diangsurkan ke atas bawah punggung gitu sampe rata. Lagi-lagi si Ibuk komen “merah yak!”

Ketiga, mulai di kop bagian punggung atas deh, setelah sekian menit, ditusu-tusuk pake jarum (yang awalnya gw pikir rasanya bakal sakit kaya kalo ditusuk di jari buat tes darah gitu), GHILAKKKK!!! Si Ibuk luarrrbiasa banget! Cepet banget itu nusuknya, ga berasa sakit, maksimal cuma kaya ditusuk pake pulpen gitu! Trus dikop deh, setelah sekian menit kop dibuka dan si Ibuk ngebersihin darah pake tisu. Gitu terus sampe kelar, titik bekam terakhir gw di pangkal leher, dua bijik, pake kop ukuran kecil. Jangan tanya bentuk darah hasil bekamnya kekmana, karena posisi gw telungkup dan si Ibuk ngebersihinnya langsung dimasukin ke kantong plastik item tanpa gw sempet ngeliat.

Keempat, selesaaaaaiiiii.. hahahaha…

Dari awal sampe akhir makan waktu sekitar 50 menitan. Semakin banyak titik bekamnya semakin lama proses bekamnya, tapi katanya si maksimal 1 jam, berarti gw moderat lah ya itu untuk ukuran newbi hahaha…

Ohiya, ga usah kawatir dengan kesterilan alatnya yak! Si Ibuk selalu membersihkan itu para kop dengan semacem spray antiseptik itu SEBELUM dan SESUDAH tindakan bekam.

Sesudah itu rasanya enteeeeng! Malemnya bisa tidur pules, dan si “jerawat” di pangkal leher mendadak ngempis dong! Ketagihan??? Banget!!!

Jadi ga usah membayangkan bekam yang berdarah-darah mbleber kemana-mana yak, ini gw terima bersih aman nyaman damai sejahtera 😉

Selamat bekam! ^_^

 

PS : ga ada gambar, nyari di gugel pun gw takut kena disturbing picture 

Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s