Plat Nomor Mobil

Beberapa waktu lalu suami saya menceritakan sebuah info menarik di balik penulisan plat nomor mobil. Ternyata plat nomor untuk taksi berbeda dengan mobil sejenis Pajero Sport, bahkan dengan sesama mobil sedan pun beda! Oiya, penomoran yang dimaksud di tulisan ini hanya berlaku untuk mobil berplat nomor B lho ya! Plussss mobil yang huruf terakhir plat nomornya sudah terdiri dari 3 huruf. Daaaannnn yg dibahas di sini ini merupakan huruf kedua ya, jadi misalnya plat nomornya B 1234 CDE, maka yg lagi saya omongin itu si huruf D, okaiyhhh???😉

Here we go…

Huruf J

Biasanya mobil-mobil yg pake huruf J sebagai huruf kedua itu adalah tipe-tipe Pajero Sport, Fortuner, dan beberapa CRV. Seringkali saya liat tuh WJA, UJE, WJQ, dsj. Parahnya lagi saya sempet ngira para mobil dg plat nomer UJE itu merupakan mobil milik alm. Ustadz Jefri😐

Huruf T

Untuk huruf T digunakan oleh armada taksi, khusussss taksi yang benar-benar taksi. Liatin aja tuh plat Express, Blue Bird, Gamya dsj, insyaAllah huruf keduanya adalah T. Kenapa T? Mungkin karena Taksi kali yak?!💡

Huruf A

Huruf A digunakan oleh sedan, bukan sebaliknya lho yaaaaa… Jadi mobil dg jenis sedan biasanya menggunakan huruf A, bukan berarti kalo sedan pasti pake huruf A, ngerti kan ya maksud saya?❓

plat-kendaraan

Tiga jenis huruf itu doank sih yang bener-bener bisa saya tangkap dari pembicaraan tersebut, maklum kapasitas otak sudah mulai penuh, minta diformat ulang keknya😛

Oiya, penomoran di atas tidak berlaku untuk plat nomor mobil dinas ya! Jenis-jenis RFS, RFY, RFP, RFW dsj. Dan tidak berlaku juga untuk plat nomor pesanan seperti B 1 3 B 3 R atau B 1 6 8 0 SS, dsj. Plussss tentunya tidak berlaku untuk plat nomor palsu. Untuk plat nomor palsu ini  mungkin akan saya bahas di kemudian hari😀

Uncategorized

5 thoughts on “Plat Nomor Mobil

  1. oh gitu to Mba Ika
    Aku jg pernah dikasih tau utk yang huruf depan itu menunjukan nama tempat. misal B 1234 TOY, T itu menunjukkan Jakarta Timur, B 1234 SFE S nya itu Jakarta Selatan, kalo E Depok, K Bekasi. Hehe itu sepengetahuan ku aja sih Mba

Leave a Reply

