Ketika Kanker Prostat Menyapa (3-End)

Jangan tanya seberapa sering bayangan-bayangan buruk terlintas di pikiran saya, namun hal-hal tersebut langsung saya tepis dan kemudian mengukuhkan hati bahwa pasti ada hikmah di balik semua ini.

Seringkali terlintas di benak saya, mengapa hal ini harus menimpa kami? Namun kemudian baaaanyaaaaaaaakkk sekali ayat-ayat Al Qur’an maupun Hadits berseliweran yang menyadarkan kami :

  • bahwa apa-apa yang terjadi di muka bumi ini adalah yang terbaik bagi kita
  • bahwa segala musibah yang menimpa seorang muslim, hingga duri yang menusuknya, pasti akan menjadi penghapus dosa dan kesalahannya
  • bahwa tak mungkin Allah menguji hambanya melebihi kemampuan hambanya

Dari beberapa hal di atas, saya mencoba menguraikan kembali, mencari poin-poin tersebut dalam kehidupan nyata, dan ternyata saya baru menyadari :

  1. Ternyata beberapa tahun terakhir kehidupan Bapak memang relatif tenang, adem ayem tanpa ada kerikil sedikitpun, padahal kan Allah bilang kalo pengen “naik kelas” maka hambanya akan diuji entah itu dalam bentuk kesakitan, kemiskinan, kelaparan,dll
  2. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa ternyata golongan darah Bapak adalah B, sehingga dalam mencari donor daraha sangatlah dimudahkan. Inilah salah satu bentuk pertolongan Allah kepada Bapak dalam menghadapi sakitnya.
  3. Meskipun Bapak belum memiliki mobil sebagai sarana transportasi Probolinggo-Surabaya, namun selalu saja diberi kemudahan untuk menyewa mobil, entah itu mobil tetangga atau teman-teman sendiri. Walaupun tentunya hal itu juga membawa efek kepada membengkaknya biaya transportasi, tapi setidaknya selalu ada jalan, itu saja!
  4. Sudah sejak lama saya agak khawatir dengan hobi Bapak yang suka “nyawah”, tiap kali saya ingatkan untuk beristirahat tiap kali itu juga Bapak bilang bahwa kegiatan itu adalah hobi beliau yang tidak bisa serta merta ditinggalkan begitu saja. Nah, sejak sakit Bapak akhirnya beristirahat total dari pekerjaannya di sawah🙂
  5. Masih sangat banyak lagi hikmah di balik peristiwa ini yang tidak bisa saya jabarkan satu-satu di sini, takutnya nanti kalo saya ceritain satu-satu malah jadi buku saking banyaknya😀

Sekali lagi saya hanya ingin menyampaikan bahwa apapun yang terjadi di dalam hidup kita, se-sederhana apapun itu, merupakan yang terbaik bagi kita, tawakkal-lah kepada Allah, insyaAllah segala sesuatunya menjadi terang benderang!😉

Uncategorized

2 thoughts on “Ketika Kanker Prostat Menyapa (3-End)

  1. Hikmah ya Mbak Ika…
    Hiks hiks…Hani jadi mau nangis…
    Hani sempat juga memiliki pikiran kenapa saat itu menimpah kami, pas seminggu Hani mau nikah lagi…akan tetapi setelah Hani renungkan kembali, Hani percaya ini pasti ada hikmahnya dan Allah tidak akan memberikan ujian untuk hambahnya yang tidak sanggup menanggung🙂

    Peluk-peluk….

Leave a Reply

