Ketika Kanker Prostat Menyapa (1)

Bermula dari dugaan syaraf terjepit di tulang belakang Bapak saya, dua kali masuk rumah sakit yang sama dengan diagnosa yang sama dokter yang sama hasil yang sama (baca : tidak ada hasil), akhirnya berdasarkan saran seorang dokter senior yang sudah pensiun, Bapak memberanikan diri untuk melakukan MRI di Surabaya. Dari MRI tersebut diperoleh hasil yang cukup mengejutkan >>> Bapak menderita tumor (dugaan sementara saat itu) di tulang belakangnya, tepatnya di ruas 9 dan 10.

Singkat cerita Bapak ragu dan khawatir ketika tahu bahwa operasi merupakan satu-satunya jalan yang harus ditempuh untuk menghilangkan tumor tersebut. Akhirnya berdasarkan rekomendasi dari dokter ahli syaraf di rumah sakit Surabaya, Bapak akan diobservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. Dan hasilnya betullllllll sekaliii! Bapak ternyata menderita kanker prostat stadium lanjut. Dimana si kanker ini telah merusak sebagian kecil tulang di ruas tulang belakang Bapak. Dari situlah ingatan saya kembali mundur ke belakang, flashback, mengiyakan beberapa hal yang selama ini berusaha saya tepis, dan memunculkan banyak kata “seandainya”.

Pantas saja Bapak sering merasa sesak nafas dan kelelahan yang amat sangat..

Pantas saja Bapak kehilangan berat badan yang signifikan..

Pantas saja rambut Bapak mulai menipis..

Pantas saja kulit Bapak menjadi pucat..

Seandainya saja tahun lalu Bapak mau mengiyakan saran saya untuk melakukan general check up

Seandainya saja tempat tinggal saya dekat dengan Bapak

Seandainya Bapak bisa dirawat di Probolinggo tanpa perlu jauh-jauh ke Surabaya

Seandainya saya memiliki kakak/adik tempat berbagi rasa gundah

Seandainya saya memiliki tabungan lebih banyak

(to be continued)

Uncategorized

7 thoughts on “Ketika Kanker Prostat Menyapa (1)

  1. Waahh …
    Saya hanya bisa berharap semoga Bapak diparingi kesehatan …
    dan bisa melawan kangkernya ini dengan ikhtiar gigih

    Salam saya Bunda MaRish

  2. Pingback: Antara Resolusi dan Doa | ngerumpi bareng bundaMaRish

Leave a Reply

