Malam Pertama

FYI, tulisan ini seharusnya dah di-publish awal Ramadhan kemaren, namun karena sesuatu hal (baca:lupa) baru bisa di-share hari ini. Selamat membaca…

“Mahes mo ikut sholat bareng bunda nggak?!” Pertanyaan itu dijawab dengan diambilnya sajadah “milik” Mahes dan kopiah merahnya.

“Bunda pake ituuuu..” Ujarnya sambil menunjuk mukena saya.

Sholat pun dimulai..

********

Sholat Isya terlalui dengan lancar jaya meskipun saya harus melipatgandakan konsentrasi saya demi melihat aksi “sholat” Mahes yang jungkir balik sambil sesekali melihat ke arah saya untuk memastikan bahwa gerakan sholatnya tidak keliru:mrgreen:

Untuk selanjutnya saya lanjutkan dengan tarawih delapan rakaat yang saya kerjakan per empat rakaat. Kembali saya bertanya kepada Mahes tentang kesediaannya untuk kembali “sholat” dan tanpa ragu diiyakannya ajakan saya. Dan Alhamdulillah tarawih sesi pertama kembali dilalui dengan sukses dan kali ini diselingi dengan seringnya Mahes duduk di pangkuan saya ketika saya sedang duduk tahiyat😎 Mahes langsung bersandar di dinding dengan nafas yang terengah-engah, saya tanya “Mahes capek?!” Dijawabnya dengan sebuah anggukan kecil.

Untuk melanjutkan ke tarawih sesi dua -demi melihat wajah capeknya- sekali lagi saya tanyakan kesanggupan Mahes, dan meskipun kali ini jawabannya tidak setegas jawaban pertama namun Mahes masih mengiyakan ajakan saya (good boy!)

Tarawih sesi dua dimulai…

Rakaat pertama dah mulai males-malesan dan sedikit merengek

Rakaat kedua pecahlah tangisnya dan mulai memanggil-manggil saya.

“Bundaaaaaaaaaaaaa…..” (bersandar di pintu)

“Bundaaaaaaaaaaaaa…..” (membuka kopiahnya)

“Bundaaaaaaaaaaaaa…..” (menyeka airmatanya dengan kopiah kemudian keluar kamar mencari si ayah)

Saya mau tidak mau tetap melanjutkan sholat saya lha wong dah kadung niat sholat tarawih empat rokaat apa ya mau dibatalkan jadi dua rokaat❓

Setelah menuntaskan sholat witir, saya hampiri Mahes yang masih sesenggukan di dalam pelukan ayahnya. “Kenapa, Sayang? Mahes capek ya?!” dijawabnya dengan anggukan lemah. Saya peluk dia dan malam itu pun berakhir dengan indah, Alhamdulillah…😳

pose sebelum sholat

43 thoughts on “Malam Pertama

  1. iya bun aku pikir sholat di masjid….kalo ina kemrin sholat tarawihnya di masjid…23 rokaat pula….tp yg ada ina lebih sering tiduran sambil ngempong ketimbang sholat hihihi….

    • @ ari
      kalo di masjid dia malah nangis Ri, ga tau deh kenapa…😦

      @ teh Orin
      hehehe..jadi maluuuuu…😳

      @ mabruri
      kemaren gak ikut sholat, yang sholat cuma ayahnya aja Mab!

      @ mama ina
      hahaha.. gapapa mbak… yang penting dah usaha ngajakin mereka sholat!😉

  2. Yeyyy,,, abang Mahes hebat,,,!!!
    tapi, bayanginnya lucu banget deh bun, kalo aku, kayaknya pas liat dia nyender di tembok itu bakal ngakak..😛
    abang ganteng pake kopiah merah,, *acung jempol

    • @ mbak Iyha
      nah..bisa bayangin kan gimana harus konsennya diriku demi menjaga konsentrasi sholat?!😎

      @ bunda Monda😳

      @ dhenok
      hehehe.. malsih suka angot2an sih.. sesukanya dia doank!

      @ mbak susi😀

  3. wah, mahes pinter. kia sholatnya masih belumbener nih mbak, kasi tips dong, tapi tiap aku sholat kia sll minta kerudung untuk dipakaikan, sholat bentar abis itu main-main, ke aku lagi, minta digendong, dsb, dsb

    • @ riez
      apanya om yang mo ditingkatin?!😀

      @ mbak putri
      sama aja atuh mbak.. mahes juga masih suka maen2 kok kalo diajak sholat!😀

      @ amel
      smogaaaa…🙂

      @ asop
      terimakasiiiiiiiiiiiiih…..

  4. sholat d masjid ato d rumah si bun?? menurut kesiapan anak aja bun kalo sholat mah kecuali anak sdh masuk usia tamyiz baru deh diketatkan sholatnya..
    salam utk mahes y..

  5. aih gantengnya Mahes🙂 hiks..kalo sama kinan harus perjuangan ekstra agar bisa sholat..dia maunya dia yang sholat sendiri..mamanya nggak boleh..ada aja kelakuannya kalo saya sholat..yang gelondot dibadan lah..buka buka mekena lah…malah kemarin di tangan mbah UTinya yang lagi sholat dikasih HP..hehehe bilang ini HP-nya bunyi ?? hehehe…

  6. Tunggu setahun lagi …
    Tunggu setahun lagi …
    Anak ini akan dengan semangat empat lima malah mengajak Bundanya Sholat …
    🙂

    Salam saya Bunda Mahes

Leave a Reply

