Status Pernikahan Ditinjau dari Cara Memesan Makanan

Malam minggu…

Gerimis baru saja reda…

Mahes dah bobok…

Tapi perut laper…

Hmmm…

“Yah, beli mi rebus yuk!” dan langsung diiyain oleh si ayah, yippieeeeeeeeeee.. 😳

*****

Sekilas info tentang mi rebus :

Mi rebus ini bukanlah mi rebus seperti yang biasa dijual di warung-warung mi rebus [baca : bukan Indo*ie dan sejenisnya] melainkan salah satu jenis masakan yang terbuat dari mi telur kemudian direbus bersamaan dengan bumbu rahasia racikan Pak Penjual Mi Rebus, dicampur telur dan sedikit suwiran ayam, kuah yang kental, diberi irisan tomat dan timun, dan disajikan dengan sedikit emping melinjo yang menjadikan masakan ini benar-benar MAKNYOSS! sebenernya pengen minjem YUMILAH YUMIWATI-nya Gaphe, tapi takut diprotes yang punya 😀

Wokeyyy..kembali ke cerita…

Sesampainya di warung yang hanya berukuran 2 x 6 meter ini, duduklah kami di bangku yang masih kosong [saat itu ada sekian banyak pemuda jomblo yang masih asyik ngobrol setelah menyelesaikan makan malamnya]. Setelah memesan 2 porsi mi rebus dengan tingkat kepedasan SEDANG plus ekstra telur dadar, saya kembali duduk bergabung dengan ayah (ya iyalaaah…)

*****

Para pemuda itu akhirnya pergi, mungkin mereka ga tahan ngeliat kemesraan kami (si ayah protes : lha wong cuma duduk sambil ngelapin sendok garpu kok dibilang mesra!!!). Dan ya, pesanan kami telah datang! 😎

Beberapa suap mi rebus telah kami telan dengan sempurna ketika sepasang pemuda pemudi menghampiri warung dan duduk tak seberapa jauh dari kami. Setelah beberapa menit kebingungan memilih menu, dicapailah suatu kesepakatan antara kedua belah pihak untuk memesan dua porsi nasi goreng BIASA : yang satu SEDANG, yang satu gak pedes sama sekali. Nah, dari proses pemesanan menu inilah yang membuat si ayah melakukan analisis penting tapi tidak penting seperti di bawah ini 😉

AM : Bun, menurut Bunda, mereka itu dah nikah blom?

BM : Ya belumlah! Emangnya kenapa?

AM : Nggak, biasanya kalo dah nikah, yang pesen makanan itu yang cewek.

BM : Hmmmm… (menggumam sambil nyeruput kuah mi)

Setelah mi rebus habis, saya nanya ke si ayah berkaitan dengan pertanyaannya tadi.

BM : Yah, emangnya apa hubungannya antara pesen makanan dengan status pernikahan?

AM : Di-logika aja, dari sisi cowok, waktu masih pacaran kan masih ngejar-ngejar tuh, jadi apapun dilakukan demi mendapatkan si cewek, termasuk pesen makanan. Beda kalow dah nikah, si cowoknya ga ngerasa perlu ngejar-ngejar lagi, jadinya ya udah… Sedangkan kalo dari sisi cewek, waktu masih pacaran tuh masih jaim, masih ngerasa “jadi ga ya” dengan cowoknya sehingga dia blom total, beda kalow dah nikah dimana seorang istri memiliki rasa “tanggung jawab” untuk melayani suami dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan memesan  makanan.

BM : Ooo.. jadi kalo dah nikah cowoknya tuh udah ngebiarin aja gitu??? [nyubit kecil si ayah]

AM : [nyengir]

End of story… :mrgreen:

NB : Analisis si ayah di atas adalah analisis pribadi sehingga tidak bisa dipersalahkan apalagi dijadikan rujukan 😎

79 Comments

  1. hihihihi…

    analisa dari ayah Mahes belum saya alami bun… 😀

    1. bundamahes says:

      makanya buruan Mab! 😛

    2. ilyasafsoh.com says:

      ok ok ok

  2. setuju sama ayah mahes.. aku yang selalu pesan makanan kalau kita makan diluar.. *suara mrs. harestya

    1. bundamahes says:

      baguslahhhhh! 😛

  3. hmm,,,,,trus yang bayar siapa? ngaruh gak nikah sama belum>?

    1. *suara mr harestya

      1. bundamahes says:

        yang bayar ya yang pesen 😀 tapi ini ga ngaruh dalam kehidupan saya setelah menikah karena yang mbayarin tetep ayah, cuz istrinya si ayah males bawa dompet :mrgreen:

        tuh kan jadi bingung mo bilang nurul atow iwannya! 😥

  4. hilsya says:

    haha..
    bisa diterawang sekalian udh berapa lama gitu?

    1. bundamahes says:

      ilmunya blom nyampe situ Mbak! 😎

  5. chimanx says:

    wafffuuuuuuuuuu… lovey dovey.. ffffffffuuuuuuuuuuuuuuu

    1. chimanx says:

      Urayamashi naaaa

  6. Lidya says:

    hihihi ada betulnya juga tuh bun analisanya, suami saya suka males milih menu dia ikut aja

    1. bundamahes says:

      sama, si ayah juga gitu mbak! 😀

  7. nh18 says:

    Hahaha …
    Catet ,,,

    Yang jelas … tetep …
    saya masih menjadi tukang catet pesenan …

    (tapi akhir-akhir ini … saya sudah punya sekretaris pengganti … seorang pelajar Madrasah Aliyah … )

    hahaha

    salam saya

    1. bundamahes says:

      wedewww… pelajar MA-nya (si Sulung kan :?:) lagi libur panjang ya Om?! 😀

  8. niQue says:

    teorinya tidak kena di saya dan suami 😀
    soale dari belum nikah sampai udah nikah, saya tetep bagian pilih memilih dan catet mencatet, baru soal bayar2 bagian suami hehehe

    1. niQue says:

      saya pernah tanya kenapa sih ga sendiri aja yang nentuin mo makan apa gitu, males ya? Engga, cuma enak aja klo dipilihin, tinggal makan, dan sudah tau yang dipilihin biasanya lebih enak daripada milih sendiri. *halah*

      1. bundamahes says:

        hahahaha…. jawaban nggombal ya Mbak! 😀

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, sahabatku…

    Ternyata AyahMahes pinter dalam menanggapi cara pemesanan makanan antara yang sudah nikah atau belum. Saya setuju 101 % mbak dengan penjelasan AyahMahes.

    Karena itu pengalaman saya sendiri. Analisis itu sangat bener menurut saya. Ketika keluar makan bersama keluarga, saya biasanya memesan untuk suami dan anak2. Suami nunggu di meja sambil senyum2 kerana bakal dilayani.

    Setelah makanan sampai, saya akan melayani mereka semua sampai nyuapin ke mulut ayahnya.. sambil dia malu2 kerana disuapin.. karena di rumah tidak diperlakukan demikian… hehehehe. 😀

    Bilang sama AyahMahes, saya menyokong deh analisisnya. Mbak punya suami yang bijak dalam membuat prediksi. Salut. 4 jempol dari saya.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    1. bundamahes says:

      InsyaAllah saya sampaikan Bun! 😀
      makasih untuk 4 jempolnya! 😳

  10. sidta says:

    wkwkwkwk, malah g pernah mikir sampe kesitu bun. g pasti juga sih sapa yg mesen, tergantung kondisi parkiran piye … 😛

    1. bundamahes says:

      hubungane parkiran karo mangan opo Nduk???

      1. sidta says:

        yo kalo parkirannya jauh/rame/susah parkire, aku yg pesen, si ayah parkir. klo g ya bareng2.
        maklum tanjung duren parkire angel tur adoh2 😛

  11. tunsa says:

    wkwkwkwkwk… :mrgreen: betul…betul..betul…
    SIiiippppp dah, si ayah udah pengalaman soalnya bunda..hehe

    1. bundamahes says:

      nunggu share dari kamu nih Ri! 😛

      1. tunsa says:

        insya allah…
        segera tercapai..hihi..
        doakan ya?

        1. bundamahes says:

          amiiiiiiiiiin… undangannya nyampe sini kan? 😛

          1. tunsa says:

            wuehehe…almtnya aj gak tau..

  12. nia/mama ina says:

    kalo saya ngga ngaruh mbak……udah nikah atau belum biasanya yg pesan makanan suka gantian…kalo anak2 ikut kan ribet tuch…biasanya bapaknya yg pesan makanan dan bagian pembayaran ehhehe…..

    1. bundamahes says:

      hehehehe…. 😀

  13. monda says:

    pesan masing2 karena biasanya si kakak mau pesan kayak papa, adek pesan yang kayak mama,

    ntar nambahin saus, kecap dllnya itu anak2 maunya yang racikan papa he..he…

    1. bundamahes says:

      wewww… keren banget donk Bun si Papa?! 😀

  14. Adi Nugroho says:

    muahaha, kok gitu ya? Aku gamau pesen ah, biar cwe nya, hihihi, masa urusan rumah tangga cwo yg pesen

  15. Mama Kinan says:

    Hehehe..postingan yang mewakili hatiku…perbedaan belom menikah dan sudah menikah…
    wah dulu tuh kayak apa…minta bulan aja ibaratnya dicariiin.hehehe..sekarang..hiks..lebih perhatian sama anaknya daripada emaknya 😀

  16. Necky says:

    saya sangat setuju dengan bapaknya mahes….kalau semuanya masih si cowok yang pesen kasihan khan si cewek bengong2 doang…..hehehehehe….

    1. bundamahes says:

      @ Adi
      ditunggu aja deh praktiknya! 😛

      @ mama Kinan
      setuju buaaaaaaanget Mbaaaaaaaaaaaaakkkk…

      @ necky
      kalo njenengan sendiri gimana?

  17. tri sakses says:

    mbak ika, warung mie rebusnya dimana ya? hihihi komen beda sendiri

    1. bundamahes says:

      Kari Wel-Wel, yang di tikungan Mamat (yang lama) itu lho Jeng!

  18. marsudiyanto says:

    Analisis yang mendekati sempurna…
    Saya yakin diatas 95% kenyataannya seperti itu.
    Bukan berarti setelah menikah si pria nggak peduli, tapi karena kebiasaan, bahwa bendahara rumah tangga adalah si wanita, termasuk urusan pesen2 makanan.

  19. mylitleusagi says:

    *manggut-manggut* mikir,,,
    kalau aku pergi ama biru..yang mesen ,,makanan tergantung siapa yang paling laper aja..

  20. Orin says:

    Hihihi…hebat analisanya ci Ayah Bun 😀

    1. bundamahes says:

      @ pak Mars
      iya deh..
      *manut senior

      @ Putri Usagi
      ooo..jadi namanya Biru??? 😎

      @ teh Orin
      iya duwonk!!! suami siapa dulu!
      *ditimpuk coklat ma teh Orin

  21. wan bustomi says:

    kalo Papa saya maunya mesen kalau di warung langganannya dia, kalau yang langganannya Mama, papa biasanya ynag nyuruh Mama mesenin….. kalo itu analisanya gimana Bunda?

  22. fitr4y says:

    ooo gitu ya bund,, berarti sampai sekarang qu masih dikejar2 ma suamiku dg, soalnya tiap maem diluar suamiku ters yg mesennn .. asssikkkk hehehe

    😀

  23. joe says:

    hm, masuk akal sekali he he…

    1. bundamahes says:

      @ wan bustomi
      ntar tak tanyain ke ayahmahes ya! 😀

      @ Uni
      wahhh..enak tuh Uni! tinggal duduk manis nunggu makanan datang! 😀

      @joe
      masuk akal apanya? ❓

  24. alamendah says:

    Saya setuju dengan analisisnya Ayah. Paling tidak kek gitu yg lebih sering terjadi pada saya.
    hehehehe

  25. kangmase says:

    hmmmmmmm gitu ya?

    1. bundamahes says:

      @ alamendah
      oiya?! 😛

      @ ayah
      opo tho yo?!

  26. ceritabudi says:

    Heeee..kalau saya sampai sekarang mah…saya terus yang pesan duluan, kalau minuman baru istri heeee

  27. Usup Supriyadi says:

    Wah, analisanya keren tuh. Ntar aku begitu juga nggak ya? ahhaha

  28. melly says:

    owh begitu yah bund..hihi
    tp bukannya klo lagi pacaran, lebih seringnya juga cewek yg memilih makanan?
    ya bisa dibilang, apapun yg eneng pesen abang makan dah? 😀

    1. bundamahes says:

      @ bli Budi
      hmmm… 😎

      @ Usup
      buruan dipraktekin 😛

      @ mbak Melly
      hahaha.. ga tau deh! 😀

  29. OOOh gt ya Mbak Ika??

    #mengingat-ingat

    Kayanya tdk berlaku pada Hani ini Mbak Ika….mungkin karena Hani typenya suka memonopoli ya? ha ha ha ha

    Makan ama Mamanya aja Hani yang nentuin 😀

    Ini yang namanya kepercayaan 😛

    He he he

    #maksa

  30. r10 says:

    kalau status nikah, urusan perut diserahkan ke istri, sang suami tinggal bayar 😀

  31. wa’alaikumsalam warrohmatullohi wabarokatuh,
    Ayah mampu membuat analisis seperti itu apa berdasarkan pengalaman ya Mbak?.
    Tapi begitulah saya juga merasakan seperti itu ketika ingin mendapatkan hati istri saya dulu.
    Salam kenal, ini silaturrahim saya yang pertama

    1. bundamahes says:

      @ Hani
      kembali ke masing2 individu donk Hani!
      *halaaaaaahhh..bahasanya!

      @ Rio
      kamu kapan nikahnya Rio? 😛

      @ Jangan Pakis
      huwahahaha.. ada yang ngaku nih! 😎
      makasih atas kunjungannya!

  32. gadisjeruk says:

    wiii.. bikin gemes aja.. hehe 🙂

    hmm, tapi selama ini ah sama aja, tergantung mood aja yang pesenin siapa. hehe 😀

  33. Susindra says:

    Analisisnya masuk akal kok Bunda. Hehe…
    Memang kalo belum nikah, biasanya wanitanya malu2, jadi yang pesan yg cowok. Kebalikan sama yng sudah nikah. Pokoknya urusan perut, istri lebih paham dah.

  34. fitrimelinda says:

    gitu yah mbak??
    kok aku dulu, biasanya yg milih dan mesen makanan.. 😀

    1. bundamahes says:

      @ gadis jeruk
      😀

      @ Susindra
      sip dah! 😀

      @ Fitri
      dulu itu kapan Fit?! 😛

  35. gaphe says:

    ooh gitu yaah? *manggut-manggut.
    secara blom pernah punya istri, jadi nggak tau kalo mesen begituan si emak. hehehe.. tapi kalo sama keluarga, biasanya anak-anaknya yang mesen tuh >.<

    1. bundamahes says:

      makanyaaaaaaaaaaaa..buruan punya istri Phe! 😛

  36. Ada benernya juga sih. Tapi ngga selalu juga. Ngga pasti.

    Kalau kami sih tergantung sikon. Juga tergantung siapa yg ngajak. Hehehe…

    Salam

  37. Asop says:

    Itu namanya bukan “mi rebus”, Mbak, tapi “mi ayam”. 😀

  38. rahmaniarahma says:

    wahhh.,
    alhamdulillah selama ini si’aa yg slalu pesenin menunya klo makan di luar,.(plus ngbayarnya ;p

    tpi klo dya yg maen ke t4ku.,otomatis akunya yg nglayanin
    (+thinking).,heheheh

    1. bundamahes says:

      @ mas dewo
      😀

      @ asop
      idiiih..lha wong ayamnya cuma dikit kok! lagian mi-nya kan beda dengan mi yang dipake di mi ayam

      @ rahma
      i see… 😀

  39. Agung Rangga says:

    wah, ayah Mahes hebat ya, bisa menganalisa orang dari cara orang memesan… 😆
    pasti bangga deh bunda jadi istrinya… :mrgreen:

  40. jasmineamira says:

    dulu perasaan waktu makan berdua sama si itu tuh, saya yang mesen deh, tapi dia yang bayarin. hahhaahha 😳 *aduh keingetan lagi 😦 *curcol*

  41. Lyliana Thia says:

    hihihi… lucu analisanya.. tp emang bener…
    aku jg yg biasa pesen utk suami, giliran bayar, suruh dia yg maju… hehehe…

    1. bundamahes says:

      @ agung
      ya eyyalaaaaaah…

      @putri melati
      huhuhu..bukan maksudku Put… maaaaaaap! 😦

      @ Thia
      sama donk kita!

  42. Rahad says:

    walah bunda bikin saya laper aja malem2 gini 😀

    suaminya bunda canggih tuh, dari liat aja langsung bs ngeluarin analisis yg akurat 😀

  43. Kakaakin says:

    Sepertinya diriku setujuh dengan analisis Si Ayah… hehe…

    1. bundamahes says:

      @ rahad
      makan donk!

      @ mbak Akin
      dipraktekin juga donk Mbak! 😀

  44. hudaesce says:

    Wah….,iya ya, kalau dipikir-pikir secara logika emang apa yang disanmpaikan oleh ayahnya Mahes betul banget tuh.
    BTW….,tu Mahes tidurnya ada yang jagain gak ya ??? masak ditinggal pergi sendirian…, 😉

  45. wakakaka bener banget tuh bun 😀 males ah biarin aja istri yang pesen xixi saya juga suka gitu koq 😀

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s