Halo Bulan

Halo bulan bukan berarti saya berhaha-hihi dengan sang bulan ya! Halo bulan adalah lingkaran cahaya yang mengelilingi bulan yang biasanya berwarna putih namun seringkali dijumpai seperti pelangi, itu penjelasan versi saya berdasarkan sisa-sisa ingatan masa SMU dulu.

Kalow mo penjelasan lengkap dan ilmiah, menurut KBBI daring halo bulan adalah lingkaran atau berkas sinar sekeliling suatu benda angkasa yg berkilauan (matahari, bulan, dsb), sbg akibat dr pantulan atau pembiasan sumber cahaya itu sendiri.

Ngemeng-ngemeng tentang halo bulan, saya jadi inget peristiwa eyel-eyelan saya dengan guru Geografi ketika masih duduk di kelas 1 SMU (gileee.. baru masuk dah berani ngeyel ya!!!). Saat itu saya nanya tentang “pelangi” yang saya temui malam sebelumnya ketika tengah asyik menikmati udara malam di balkon tempat kos saya. Saat itu juga saya nanya ke mbak kos yang selalu masuk 5 besar tentang penampakan “pelangi” ini, dan si mbak ini ternyata kurang tau pasti tentang “penampakan” tersebut. Akhirnya si mbak nanya ke orang yang paling puinteeeeerrr di SMU kami, didapat jawaban bahwa “penampakan” itu disebut dengan HALO. Meskipun saya blom puas dengan jawaban dari si mbak ini saya terima aja, toh besok paginya ada pelajaran Geografi:mrgreen:

CBM      : Pak, kok semalem saya liat pelangi ya?

GG         : Ah yang bener kamu! Ngeliat dimana?

CBM      : Di sekitar bulan, ngelilingin bulan gitu deh Pak! Kata mbak paling puinteeeeerrr itu namanya HALO

GG         : Ooo.. iya, itu memang HALO!

CBM      : (sambil nenteng buku geografi) Tapi disini (nunjuk buku) katanya HALO itu warnanya putih lho Pak, bukan pelangi kaya yang saya liat semalem!

GG         : Ya HALO itu memang putih! Dan yang kamu liat itu memang HALO!

                (tanpa menjelaskan bahwa warnanya bisa membias jadi kaya pelangi)

CBM      : Lhah tapi itu warnanya bukan putih Pak, yang saya liat itu warnanya kaya pelangi!😡

GG         : (diem dan melanjutkan pelajaran )

CBM      : (ga puas dengan jawaban GG)

Ssstttt.. bikin postingan ini gara-gara ngeliat status fesbuknya dek Hani Pendar Bintang😉
Selamat Hari BUMI😳

gambar minjem dari blog ini

19 thoughts on “Halo Bulan

  1. Mbak Ika….he he he..makasih ya….jadi mengerti…Hani kan emang gak tahu banget masalah ilmu astronomi #ngeles..

    Tapi yang Hani lihat malam itu pelanginya kek agak menjauh gitu lho Mbak…entahlah…mungkin si Ari bener Hani lagi ngantuk, ha ha ha ha

  2. Selamat pagi… 8)
    Selamat hari bumi sedunia…😀

    Hoo…
    HALO ‘kan pemandangan yang sangat jarang terjadi…😯
    Beruntung sekali bunda dan kak Pendar Bintang bisa melihatnya…😀

  3. saya pernah liat juga fenomena kayak ginian..tapi pas jam 12 teng..siang bolong, pas matahari lagi terik2nya…tak pikir kok pelangi, tapi kok bentuknya bulat dan mengitari matahari?hihi…kalo ini namanya halo matahari ya bun..hehe

  4. Ngomong2 tentang bulan, saya inget komik Kungfu-boy, si Chinmi disuruh membelah bulan.:mrgreen: Tentu, “membelah” bukan dalam arti yang sebenarnya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s