Kopdar

Jeng, jumat depan bisa ndak kopdar di sini?

Kopdar alias kopi darat yang menjadi obat penasaran atas wujud sebenarnya dari para penghuni dunia maya. Kopdar yang hingga saat ini saya baru bisa melakukannya dengan hanya segelintir dari sahabat blogger saya. Kopdar yang ketika detik saya mempublikasikan artikel ini, saya belum tau asal mula dari kata Kopdar alias Kopi Darat tersebut.

Mengapa disebut Kopdar? Kenapa ndak Tedar alias Teh Darat atow Cadar alias Capucino Darat? (kayanya Cadar keren juga ya!:mrgreen: )

Nyoba nanya ke mbah gugel ternyata mbah gugel ndak tau, nanya ke mbah Sudi juga ndak tau, lha trus saya nanyanya ke siapa???

Sempat denger selentingan bahwa kopi darat itu merupakan resapan dari blind date alias kencan buta, tapi kenapa lha kok malah mleset jauh ke kopi darat? Kenapa yang dipilih itu kopi gitu lho? Apa karena dulu pemrakarsa pertama melakukannya di warung kopi trus karena ada beberapa orang yang ketemuannya di warung kopi yang lokasinya di atas pasar terapung jadinya lebih dipertegas lagi istilahnya menjadi KOPI DARAT sehingga segala jenis pertemuan yang dilakukan di atas air maupun udara dianggap TIDAK SAH?

Ahhh.. Sebelum pemikiran saya menjadi semakin liar, mohon petunjuk dari para sahabat blogger sekalian😉

P.S.
masih inget cerita tentang melati dan alamanda yang saya dapatkan secara gratis itu kan?! Ternyata saya berhasil mendapatkan melati sebanyak 5 pokok melati, huahahaha…

gambar diambil dari kopi darat

31 thoughts on “Kopdar

  1. Walaupun Namanya Kopi darat, tapi ketika ketemu kalau ngak makan ya ngobrol…bahkan minumannya juga ngak ada yang minum kopi heeee

    Saya juga belum dapat jawabnya heeee

  2. Seingat saya ini berawal dari istilah radio 2 meteran … Radio antar penduduk / RAPI atau KRAP … atau yang biasa disebut komunitas Break-breakan dulu …

    Copy Udara … bertemu di udara … di frekuensi radio komunikasi antar mereka … bincang-bincang lewat radio komunikasi …

    dan Copy (di ) Darat … adalah bincang-bincang di darat … tidak diudara seperti biasa

    Begitu mungkin

    Salam saya

  3. Kopi darat adalah sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat Internet atau komunikasi radio. Istilah ini awalnya populer di antara kalangan pengguna radio amatir, karena pengguna radio amatir berkenalan di “udara” sehingga tidak saling mengenal muka. Hal ini biasanya ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan (temu muka).

    Seiring kemajuan teknologi, istilah ini juga digunakan untuk pertemuan tindak-lanjut perkenalan melalui internet, biasanya oleh situs-situs sosial seperti pesan instan (chatting), situs pertemanan, komunitas maya, dan lain sebagainya.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_darat

  4. Salam Bund,he,he kopi darat untung g buaya darat,sy prnah ikt kopdar gt di Surabaya sm tmn2 bloger jg,awalx g ngrti apa itu istilah kopdar,tp yh trnyta ajang sling mngnal lbh dkt ssma bloger yh bhsa islamix mngkin siltrhmi ye. Keep linked🙂

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bunda Mahes…

    Maaf mbak, saya juga tidak dapat membantu lho. Saya baru mengetahui tentang ini melalui maya Indonesia. Dulu saya tidak faham makna kopdar ini. Setelah beberap akli membaca blog sahabat Indonesia baru difahami.

    Di Malaysia, tidak diketahui istilah yang digunakan kerana saya hanya berada di maya Indoensia sahaja. Kayak sudah jadi blogger Indoensia aja nich… hehehe.

    Bila ya bisa COKDAR (coklat darat) dengan mbak. Kalau kita jumpa, nanti kita makan coklat banyak2 mbak.😀

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaykumsalam Bundaaa..
      mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu… makan coklat yang banyak deh ntar! trus boleh dibawa pulang kan???😀

      *gasabarmenunggusaatitutiba

  6. Kenapa namanya kopi darat? Soalnya kalo namanya susu darat, kalo disingkat jadi Sudar. Tetangga saya bisa marah2 kalo ada pertemuan para blogger, soalnya namanya Pak Sudar, hehe…

  7. Hmm… sebenarnya saya juga bertanya tentang hal yg sama mbak, malah dapet jawabannya dari temen2 mbak di sini, hihihi…
    Padahal dari papa, abang ampe abang ipar saya anggota RAPI loh, tapi nggak ngerti tentang istilah itu
    *tepuk jidat

  8. coba menjawab,
    ngopi itu biasanya dilakukan saat santai dan hangat. Jadi diharapkan obrolannya obrolannya yang santai dan “mendekatkan”
    lalu darat, mungkin gini maksudnya setelah berada di jagat maya (diibaratkan sebagai langit/udara), maka kita coba ketemuan di jagat nyata (darat)..
    Begit kira2 yg terlintas di pikiran..
    kalo puas dengan jawaban ini ditunggu cendolnya…😀

Leave a Reply

