It’s Called “Pencit”

This slideshow requires JavaScript.

Ket : Mungkin di beberapa daerah khusunya di Jawa Tengah, kata pencit ini berarti buah mangga yang masih muda, namun entah bagaimana asal-usulnya sehingga di daerah kelahiran saya di Jawa Timur sana kata pencit juga dapat diartikan buah yang masih muda, buah apapun itu selama dia masih muda maka dia akan disebut dengan pencit. Oya, pencit di atas merupakan pencit jeruk yang (katanya) bisa dimakan sekaligus dengan kulitnya dan berfungsi untuk meredakan panas dalam, tapi sampai saat ini saya belum pernah mencobanya😳

Uncategorized

27 thoughts on “It’s Called “Pencit”

  1. Selamat siang mbak Ika,

    Lho istilah PENCIT dalam kosakata Jawa (Tengah) itu adalah kelompok adjectiva yang berarti pucuk, ujung atas. Ada istilah yang dekat dengan PENCIT yaitu PENCIL; PENCIR dalam bahasa Kawi arti nya sudah lain. Sedang untuk sebutan buah mangga muda atau buah2 muda pada umumnya disebut PENTIL, huruf “e”diucapkan “e” seperti pada kata “beras”. Sedangkan PENTIL “e” diucapkan seperti pada kata “besek=wadah dari bambu yang dianyam”.

  2. Di tempatku semua buah yang masih muda disebut pentil (nggak pake h setelah t). Kalo pakai h : penthil itu sudah sepesifik sebutan untuk ujung puting susu/mimi baik hewan atau manusia.
    πŸ™‚

  3. kayanya banyak yang nyebutnya pentil dech,didaerahku di pedalaman lampung juga disebut pentil..kalau pencit itu artinya mencet atau memencet.. pencit buah jeruk,emang ga asem ya kalau dimakan apalagi masih kecil gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s