Waktu adalah…

Bagi para pesakitan, waktu adalah musuh yang mereka tipu saban hari dengan harapan. Namun di sana, di balik jeruji yang dingin itu, waktu menjadi paduka raja, tak pernah terkalahkan.

Bagi para politisi dan olahragawan, waktu aalah kesempatan yang singkat, brutal, dan mahal.

Bagi para ilmuwan, waktu umpama garis yang ingin mereka lipat dan putar-putar. Atau lorong, yang dapat melemparakan manusia dari masa ke masa, maju atau mundur.

Bagi mereka yang terbaring sakit, tergolek lemah tanpa harapan, waktu mereka panggil-panggil, tak datang-datang.

Bagi para petani, waktu menjadi tiran. Padanya mereka tunduk patuh. Kapan menanam, kapan menyiram, dan kapan memanen adalah titah dari sang waktu yang sombong. Tak bisa diajak berunding. Tak mempan digosok.

Bagi yang tengah jatuh cinta, waktu mengisi relung dada mereka dengan kegembiraan, sekaligus kecemasan. Karena teristimewa untuk cinta, waktu menjelma menjadi jerat. Semakin cinta melekat, semakin kuat waktu menjerat. Jika cinta yang lama itu menukik, jerat itu mencekik.

(Andrea Hirata, Padang Bulan)

Bagi saya? Waktu adalah sesuatu yang tak pernah bisa di undo. Waktu laksana pedang yang dengan beringas menebas segala yang berstatus idle dan hanya menyisakan penyesalan. Waktu merupakan pengingat untuk kembali memperhitungkan kesempatan yang tersisa dan membuatnya menjadi sesuatu yang sempurna.

Buku ini adalah buku yang sama yang diperoleh Bunda Monda sebagai wujud tali asih dari Kakaakin. Buku ini adalah buku yang dalam 8 halaman pertamanya telah mampu membuat saya termehek-mehek, hati cenat-cenut, dan kemudian nangis bombay! Dan buku ini adalah antrian terakhir dalam daftar buku yang harus saya baca (setelah sebelumnya tertunda akibat memborong 2 buku tere liye dan 1 buku ahmad fuadi :mrgreen:) Alhamdulillah…

gambar diambil dari situs resmi andrea hirata

9 thoughts on “Waktu adalah…

      • banyak kan orang yg dikerjar-kejar deadline (pegawai, penghutang, mahasiswa ngerjain skripsi) terus stres terus sakit jantung terus bobok gak bangun2 deh..:mrgreen:
        iya, tadi malem server lagi down tante, maklum hosting gratisan, kalau sekarang sudah lancar jaya lagi🙂

  1. Waktu adalah sang kambing hitam yang menjadi jawaban paling ampuh saat kalimat sakti “biarlah waktu yang menjawabnya” terucap dari bibir setiap hamba…

    *andrea hirata masih jomblokah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s