eS Te eR E eS eS

1. Betari Durga

Silakan bayangkan situasi berikut :
Pukul 06.30 pagi, seorang karyawan -sebut saja Markonah- baru saja tiba di warung tempatnya berjualan gorengan. Baru saja dia menghempaskan pantatnya ke kursi datanglah Betari Durga, sang pemilik warung, menghampirinya, “Hei Markonah, gimana pesenan bakwan jagung saya kemaren? Dah kelar belom?”
“Dih, ni orang! Baru aja duduk dah ditanyain kerjaan!” Markonah merutuk dalam hati, “Udah Dur, wortel ma togenya dah saya bersihin, tinggal bikin adonannya doank!”
“Ya udah kalo gitu, jam 7 udah harus selesai digoreng ya!” jawab si Betari Durga
“Iya Dur!” jawab Markonah sambil terus merutuk dalam hati “Lah wong jam kerja efektif tuh jam 8 pagi lha koq jam setengah tujuh dah nanyain bakwan!”

Suatu waktu terdapatlah seorang pelanggan yang ngeyel ga mo bayar 50 potong bakwan yang dibelinya, buat pengajian katanya. Markonah yang hanya sebagai seorang karyawan pun akhirnya mengadu kepada Betari Durga, “Dur, tadi ada pelanggan yang ga mo bayar bakwan”
Demi mendengar hal tersebut Betari Durga langsung naek darah, “Lah kamu ini gimana sih?? Cuma jualan bakwan aja koq ga becus!!! Kenapa kamu ga marahin aja tuh pelanggan?!”
Markonah menjawab, “Lho kan waktu itu Betari Durga sendiri yang bilang kalo ada pelanggan yang beli bakwan trus ga mo bayar karena mo dipake pengajian gapapa, anggap itu amal ibadah kita, inget ga waktu Betari Durga bilang begitu???”
Betari Durga menjawab, “Saya ga mau tau, pokoknya kamu harus tagih itu pelanggan SECEPATNYA!!!”

2. Dasamuka
Suatu waktu, Markonah membeli bahan-bahan untuk membuat bakwan. Sialnya hari itu seluruh penjual di pasar sedang kehabisan stok. Satu-satunya stok barang dijual di toko pak Dasamuka. Meskipun harganya lebih mahal gapapalah, namanya juga lagi butuh. Datanglah si markonah ke toko pak Dasamuka.
“Pak, beli wortel ma toge donk! Sekilo-sekilo ya!” pinta Markonah. Tanpa menjawab, Dasamuka pun memproses pesanan Markonah. Setelah membayar belanjaannya, Markonah langsung capcus pulang takut diomelin Betari Durga.
Sesampainya di warung, Markonah membuka plastik belanjaannya. Ternyataaaaaaaaaaaaaaa… Wortel yang dibelinya di toko pak Dasamuka hampir seluruhnya busuk penuh ulat!!! Markonah kembali menemui Dasamuka untuk komplain.

Sesampainya di warung Dasamuka, langsung saja Markonah marah-marah “Woi, Pak! Ini gimana sih koq wortelnya busuk semua? Jualan yang bener donk! Masa barang jelek kaya gitu masih dijual!”
Dasamuka menjawab dengan santai, “Apa urusan saya? Kan di struk pembelian dah tertulis bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar! Saya ga salah donk Bu!”
Markonah semakin geram, “Ya tapi mutu barangnya yang bagus donk! Percuma punya mesin kasir mahal-mahal tapi mutu barangnya jelek semua!”
Dasamuka menjawab -masih dengan wajah santainya-Saya ga mau tau, Bu! Itu kan dah pekerjaan rutin Ibu! Seharusnya Ibu yang lebih tau donk!”

Markonah nyakar-nyakar tanah…

_tulisan ini dibuat akibat efek samping dari stress pekerjaan yang berkepanjangan_

gambar diambil dari sini dan sini

32 thoughts on “eS Te eR E eS eS

  1. Duh kasian markonah..hikmah nya juga klo beli sesuatu, sebelum berangkat pulang dari toko, harus di cek dulu ya..salah juga jeng markonah gak cek ricek lagi ya, hihihii

    salam๐Ÿ˜€

  2. markonah… markonah… sepertinya kamu kurang sedekah ya, lagi dapet ujian emosi terus sepertinya… Ayo, sedekahin 2,5 persen bakwannya ke saya…๐Ÿ™‚

  3. owalahh markonah.. ada-ada aja
    btw,, mba mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe๐Ÿ˜€.. cek blogku ya.. postingnya disini

    salam kenal

  4. markonah bisa ngomong sama Betari Durga dong,, itu kan simbiosis mutualisme..
    kalo sama Dasamuka, yaa lebih teliti lagilah,
    markonah pati bisalah, bakwan buatannya maknyus kok๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s