Penyebab Kedutan

Sehubungan dengan kedutan yang melanda mata sebelah kiri saya sejak pagi, akhirnya saya memutuskan untuk googling penyebab kedutan ini, berikut hasilnya :

1. Kualitas Tidur Yang Buruk
Dr.Andreas Prasadja, RPSGT, sleep physician di Sleep Disorder Clinic dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan kedutan bisa diakibatkan oleh gangguan pada organ penglihatan kita yang bersifat sementara akibat kurang istirahat. Gangguan ini lebih parah, jika sudah menjalar ke otot sekitar bibir. Kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saraf kranial ke-7 di wajah oleh pembuluh darah arteri serebri anterior atau karena gangguan yang lain.
kalau begini, Tidurlah yang cukup dan teratur. Kalau berkutat di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata sejenak dengan cara melihat ke jauh depan, kemudian pejamkan. Kompresan air dingin baik juga diberikan untuk mengurangi peradangan. Jika kedutan masih berlanjut, konsultasi ke spesialis saraf.

2. Gangguan saraf motorik ke-7
Menurut Dr.Donny Istiantoro, Sp.M, spesialis mata di Jakarta Eye Center, kedutan pada mata adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena, biasanya akan sembuh sendiri. Karena gangguan saraf motorik ke-7 ini hanyalah akibat terlalu lelah. Untuk hal ini, bisa atasi dengan mengonsumsi multivitamin penambah darah atau vitamin E. Jika kondisinya semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kita bisa meminta yang ahli untuk melakukan suntik Botoks. Atau pergi memeriksakan diri ke ahli bedah mata.

3. Dystonia atau Blepharospasm
Menurut naturopati Riani Susanto, ND, CT., mata berkedut bisa disebakan oleh faktor keturunan, trauma fisik dan infeksi. Ini membuat saraf bergerak dan otot mata berkontrasi kedutan (dystonia). Atau bisa juga karena stres dan kelelahan, sehingga kontraksi otot menjadi tidak terkendali dan menyebabkan terjadi kontraksi pada daerah sekitar mata (blepharospasm).

Untuk kasus ini, jauhi stres. Cobalah menjadi orang yang lebih bersyukur dengan semua kita miliki sekarang. Rasa syukur mampu mengangkat beban pikiran kita. Agar daerah mata yang berkedut terasa relaks, kurangi paparan cahaya dengan menggunakan kaca mata hitam. Jika kedutan mata sudah menjadi permanen, suntik botoks bisa dilakukan jika perlu, untuk melokalisasi dan membuat lumpuh area kedutan.

kalo saya sih sepertinya karena penyebab nomer 1 kali ya??? Yang jelas kedutan ini benar-benar mengganggu.. Namun alhamdulillah, dengan kedutan itu berarti saya masih dipercaya Allah SWT untuk mempunyai mata😀



sumber http://www.preventionindonesia.com/

8 thoughts on “Penyebab Kedutan

  1. Semoga bukan penyakit yang parah…🙂

    Jangan sampe…. setelah kedutan itu tiba2 mata copot keluar begitu aja dari lubangnya… CROTT!
    Dan… ini terjadi pada penduduk seluruh kota….
    Penjalaran penyakit ini mulai menyebar ke kota lain… bagaikan virus…
    Entah bakteri atau virus, yang pasti ini adalah senjata biologis…😮😮😮

    *malah berfantasi….*:mrgreen:
    Maap ya Bun kalo menjijikkan…

    • hahahaha… saya malah suka kalo berfantasi kaya gitu Sop!
      jangan-jangan di dalam mata yang kedutan itu ada belatungnya yang dah segede gaban trus lama-lama jadi lalat deh! :gajelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s