Fungsi Klakson

Kata situs ini, arti klakson adalah alat (berupa trompet) yang dibunyikan dengan listrik pada mobil atau kendaraan bermotor lainnya, digunakan sebagai tanda peringatan akan keberadaan kendaraan tersebut. ARTI HARAFIAHnya seperti itu, saya ingin menambahkan beberapa fungsi klakson versi saya :

1. Menunjukkan Eksistensi
Sesuai dengan “fitrahnya”, fungsi pertama klakson adalah sebagai tanda untuk membuktikan bahwa si kendaraan bermotor ini bener-bener EKSIS di jalan raya. Dengan dibunyikannya klakson, orang-orang di sekitarnya akan menengok ke arah sumber suara kemudian suara klakson tersebut akan dikompilasi dengan bayangan yang dibentuk di retina mata kemudian dikirim ke otakย  untuk diolah menjadi sebuah informasi yang isinya kira-kira begini “Oooh… itu ada mobil/motor”.

2. Ungkapan “Kemarahan”
Di kota-kota besar, Jakarta khususnya, yang lalu lintasnya sangat padat, semrawut, macet sana sini,ย  angkutan umum yang ngetem seenaknya, metromini-kopaja ngerem mendadak, pelanggaran rambu lalu lintas dimana-mana, dan masih baaaaaaaaaaaaaaaanyak lagi, si klakson ini benar-benar berfungsi. Kehadirannya mutlak dibutuhkan demi meluapkan stress di jalan๐Ÿ˜€ Bayangkan jika kita sedang berjalan di jalur yang benar tiba-tiba dari belakang ada kendaraan yang menyalip kemudian memotong jalan di depan kita! Marah??? Pencet saja klaksonnya… Biar ramai… Biar mengaduh sampai gaduh…

3. Alat PEDEKATE
Hehehe… Untuk pembahasan di poin ini pernah (sering denk!) saya temui di jalan-jalan waktu di Probolinggo, tapi kasusnya lebih ke pengguna motor, bukan mobil. Jika terdapat seorang atau dua orang pengendara motor dengan jenis kelamin wanita yang masih remaja (maksimal umur 20 taun-an), kemudian di belakangnya ada segerombolan pemuda yang juga naek motor, maka si pengendara motor wanita itu akan didekati kemudian diklakson berkali-kali sambil pasang senyum paling manis di wajah para pemuda itu. Bagaimana reaksi si wanitanya??? Biasanya sih mereka akan pasang tampang “jaim” tapi ada setitik senyum disana hahahaha…

4. Mainan Anak
Untuk poin ini hanya berlaku bagi pasangan yang sudah memiliki anak๐Ÿ˜€ Mungkin awal ketertarikan para anak kecil tersebut ke klakson adalah ketika mereka diajak hang out ma ortunya ke suatu tempat menggunakan kendaraan bermotor. Ketika sedang di atas kendaraan, sekali dua kali pastilah pengemudi kendaraan tersebut membunyikan klakson, nah, biasanya anak kecil sangat tertarik ke bunyi-bunyian, dicarilah sumber suara tersebut, kalo udah ketemu, mulailah mereka “bereksplorasi”๐Ÿ™‚ dan untuk tahap selanjutnya, klakson menjadi salah satu sarana “hiburan” bagi mereka.

Ada yang mo nambahin???๐Ÿ˜€

gambar diambil dari situs ini 

14 thoughts on “Fungsi Klakson

  1. klakson alat untuk memanggil mbak,,
    disekitar saya perhatiin, mobil jemputan anak sekolah, kalo udah nyampe rumah yang mau dijemput atau diantar, tinggal bunyiin klakson jemputannya, yang di dalam rumah langsung keluar deh๐Ÿ˜€

  2. wah ternyata banyak juga yah fungsi klakson hehehe๐Ÿ˜€

    DIBUTUHKAN SEGERA!!!

    English Tutors Urgently Required

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

  3. kalo di jakarta mah udah jadi makanan sehari-hari lho klakson itu. Terutama kalo jam pulang kerja. Walah”. Pengen beli sumpel kuping aja ini.

  4. Adaaaaaaaaa saya mau nambahiiin!:mrgreen:

    Di Bandung sini, angkot2 pun make klakson untuk “memanggil” calon penumpang.๐Ÿ™‚ ^__^ Bahkan banyak angkot yang ngerubah bunyi klaksonnya jadi sebuah melodi.๐Ÿ˜€
    Jadi, kesannya adalah dengan membunyikan klakson, angkot memberitahu penumpang bahwa “Hey! Di angkot ini ada tempat kosong lho! Mau naik?” gitu…:mrgreen:

    —————–

    Yah, klakson jadi bergeser maknanya. Saya pernah baca entah di mana, bahwa fungsi klakson awalnya untuk memberitahu eksistensi kendaraan. Jadi, semisal ada mobil lambat jalan di depan kita. Kita bunyiin klakson, itu tandanya bukan “Hoi! Minggir! Gue mau nyusul!” tapi adalah “Hei! Ada saya lho di sini, mohon pengertiannya.” ๐Ÿ™‚

    Jadi, maklum aja kalo ada orang bebal yang meskipun diklakson berkali-kali tetep gak mau minggir, padahal dia lambat ada di lajur cepat. Artinya, dia mikir “Iye, gue tahu lu ada di belakang gue, tapi semau gue dong, gue juga bayar pajak buat jalan.” ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s