DSPOG Favorit Saya!!!

Kemaren siang saya iseng-iseng berkunjung ke salah satu klinik bersalin di daerah Bintaro. Sebagaimana di klinik bersalin yang lain, pelayanan yang kami dapatkan kurang lebih sama. Ada beberapa faktor pembeda yang akan saya jabarkan menjadi kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

KELEBIHAN :

  • sirkulasi udara di ruang tunggu klinik yang bagus sehingga udara menjadi sejuk ga perlu ASe
  • banyak majalah untuk dibaca sebagai pengalih rasa bosan, bikin betah pengunjung🙂
  • banyak boneka dan mainan yang bisa digunakan oleh pasien yang membawa anak, sehingga kemungkinan anak rewel karena bosa menunggu dapat diminimalisir
  • Menurut salah seorang tetangga saya yang pernah periksa di klinik lain, peralatan yang digunakan di klinik tersebut lumayan baru

KEKURANGAN :

  • Di meja pendaftaran, entah karena perawatnya yang masih muda (keliatannya) sehingga terlalu banyak membuat kesalahan dalam proses pencatatan data pasien
  • alat USG yang digunakan hanya monitor USG yang hanya bisa diliat oleh dokter, sementara jika pasien juga ingin melihat harus menoleh ke sebelah kiri (yang kalo kelamaan bisa bikin pegel leher)
  • biaya yang benar-benar mantab (makan tabungan). Sekedar informasi : biaya jasa dokter 90rb, USG tanpa print out 50rb, obat 55rb

Mengapa poin-poin KEKURANGAN di atas saya sebut sebagai “kekurangan”? Karena saya membandingkannya dengan ketika saya masih periksa di dokter kandungan saya di Bandung sekitar tahun 2008 lalu. Meskipun bentuknya klinik bersalinnya benar-benar berbentuk “klinik” tidak seperti klinik yang saya datangi kemaren, namun saya benar-benar puas terhadap jasa pelayanan yang diberikan, baik dari segi pelayanan dokternya, perawatnya, peralatannya, hingga petugas cleaning service-nya!

  1. Dokternya informatif, komunikatif, dan menyenangkan sehingga pasien dapat bertanya sebanyak-banyaknya.
    Setiap kali akan kesana, saya selalu membawa list yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan saya ajukan kepada si dokter dan pertanyaan-pertanyaan tersebut benar-benar terjawab dengan komprehensif tanpa ada satu pertanyaanpun yang tak terjawab.
  2. Selalu menawarkan beberapa pilihan sebelum memutuskan suatu tindakan sehingga hak pasien benar-benar terpenuhi🙂
  3. Bersedia dihubungi 24 jam nonstop meskipun hanya untuk konsultasi via telepon!
  4. Peralatan USG yang benar-benar lengkap untuk ukuran sebuah klinik bersalin yang hanya terdiri dari dua lantai. Tersedia segala macam USG mulai dari 2 dimensi, 3 dimensi, hingga 4 dimensi. Stik untuk USGnya aja ada tiga macem kalo ga salah, mulai dari  yang paling kecil yang berbentuk stik yang biasa digunakan untuk USG transvaginal, ukuran medium berbentuk bulat pipih yang biasa digunakan untuk USG 2 dimensi, dan yang paling besar berbentuk bulat yang biasa digunakan untuk USG 4 dimensi. Kemudian meja USGnya itu sendiri banyak banget panelnya, kata si dokter, harganya lebih mahal dibanding harga kliniknya🙂
  5. Oya, monitor USGnya ada dua, satu yang kecil mungkin ukuran 8 inch yang biasa digunakan oleh sang dokter, sementara satu lagi monitor plasma ukuran sekitar 49 inch terpasang di dinding untuk diliat langsung oleh pasien sehingga pasien ga perlu nengok-nengok ke sebelah !
  6. Saat itu (pertengahan taun 2008) biaya yang harus dikeluarkan sebesar 100rb, tapi itu dah termasuk print out USG, kalo ditambah vitamin (asam folat ma zat besi) paling banter jadi 200rb, tapi biaya itu sebanding dengan pelayanan dah fasilitas yang diberikan kepada pasien!!!
  7. Bu Tutik sang perawat yang benar-benar menunjukkan kasih sayangnya kepada para pasien, beliau selalu memberikan informasi yang up to date bahkan meskipun sekedar memberitahukan bahwa dalam 3 hari ke depan si ibu ga masuk sehingga harus digantiin orang lain!
  8. Petugas cleaning service (maaf saya lupa namanya) yang benar-benar ramah. Selalu menanyakan bagaimana kabar saya, bercerita tentang bisnis kue lebarannya hingga mengajak saya mampir ke rumahnya yang terletak tak jauh dari klinik tersebut (sayangnya hingga suami saya pindah ke Jakarta, saya belum sempat maen kesana)

Kesimpulannya, menurut saya dokter kandungan saya yang di Bandung itu bener-bener “niat” jadi dokter kandungan. Dia membekali dirinya dengan pengetahuan yang memadai (kabar terakhir yang saya terima, beliau sedang menjalani pendidikan di sela-sela kesibukan pekerjaannya) dan fasilitas yang lengkap. Saya benar-benar kagum terhadap totalitasnya sebagai dokter kandungan. Hmmmm… kapan ya bisa ketemu lagi dokter kaya beliau???

10 thoughts on “DSPOG Favorit Saya!!!

  1. love love love sama dr Yuyun Lisnawati
    favorit banget deh😉
    di RS Rawamangun dinasnya…:)

    ngomong2
    ngapain ke spog mbak?
    mahes mo punya adek yaaaaaaaaa

    :mrgreen

  2. kalau boleh tau, dokter yang di bandungnya itu dokter siapa yah? lalu kliniknya di bandung di mana? (saya tinggal di bandung dan berencana untuk hamil)🙂 trims untuk infonya.

    • Klinik bersalin permata hati bun. Saya juga pasien dr aloysius .. emang ramah bgt komunikatif dan memuaskan pelayanannya. Dr awal hamil smpe melahirkanz sesar beliau yg tanganin saya ..

      • Maaf bun.. Ikutan yaa🙂 .. Mau tny di dokter aloysius itu yg di klinik utama permata hati kopo ya, klw gk slh disitu ada usg 4d biaya ny brp ya kira” sm print out n’ cd nya skalian tdk? Nuhun sblm’a info nya

Leave a Reply

