Customer Satisfaction : Z.E.R.O

Suatu pagi di sebuah Puskesmas yang terletak di kawasan Matraman yang penuh sesak dengan para pengunjung. Panggilan nomor antrian terdengar bersahutan dari loket pendaftaran. Pagi yang seharusnya semangat dan penuh ceria seketika menjadi buram dan lesu begitu mendengar “celotehan” ibu penjaga loket.

1. Isi Formulir Dulu Donk!
Suara cempreng terdengar dari mikrofon memanggil nomor antrian berikutnya. Terjadi percakapan singkat.
“Siapa yang sakit?”, ujar si ibu penjaga loket (selanjutnya akan disingkat menjadi IPL)
“Anak saya, Bu” jawab si ibu pasien
“Diisi yang bener donk formulirnya!” jawab IPL dengan ketus

2. Nanya-nanya Mlulu!
Kembali terdengar suara panggilan untuk antrian berikutnya. Nampaknya sang calon pasien sedang menanyakan sesuatu yang belum dia mengerti kepada sang ibu penjaga loket. Bukan jawaban yang diterimanya melainkan celetukan yang cukup nylekit “Nanya-nanya mlulu!”. Plis deh Bu! Kami nanya karena kami bener-bener ga tau, bukan karena iseng!!! Kalo Ibu emang ngrasa kerepotan melayani pertanyaan, ya udah bikin loket khusus informasi donk! Emang enak pagi-pagi disemprot kaya gitu! >.<

3.  Mo Ngapain Kesini?
Antrian selanjutnya yaitu ibu Mawar (bukan nama sebenarnya). Pertanyaan pertama adalah, “Mo ngapain kesini?” Jiaaaaaaaaaaah.. Mo jalan-jalan Buuuuu.. Hellooooo.. Sejak kapan Puskesmas beralih fungsi jadi tempat blanja blanji?! Kalo mo kesitu ya pasti ada hubungannya ma kesehatan laaah! Pertanyaan yang benar-benar aneh!!!

kalo IPL pake jilbab

Kejadian di atas adalah peristiwa nyata yang dialami oleh tiga pegawai instansi pemerintah yang sedang iseng-iseng jalan-jalan kesana : hammer
Sedih juga melihat pelayanan instansi pemerintah yang seburuk itu, padahal slogan SENYUM ITU IBADAH terpampang begitu jelas di dinding kantor mereka.
Apakah hal itu terjadi karena biaya yang dipungut terbilang murah yaitu kisaran 2000-5000 rupiah sehingga mereka bisa seenaknya berbuat seperti itu?!
Apakah atasan mereka menyadari hal tersebut mengingat Puskesmas yang bersangkutan adalah Puskesmas rujukan instansi tempat saya bekerja dalam hal pemeriksaan kesehatan untuk keperluan pengangkatan CPNS menjadi PNS?!
Dua kali kesana dan dua kali mengalami hal yang sama, dan tidak untuk ketiga kalinya (kalo ga kepepet)!

6 thoughts on “Customer Satisfaction : Z.E.R.O

  1. aih,,,aih,,,
    makanya aku tu terkadang udah parno duluan kalo mo ngurus sesuatu ke instansi pelayan publik milik pemerintah…
    tau’ suka dibikin sakit hati….

  2. hyahahaha
    dooooooooooooooooooooooooooh
    baru mo nulis nih
    podhoooo
    pengalaman yg sama

    Mau ngapain?
    Tes apa?
    Nglanjutin Kuliyah?
    Ktp mana???

    Helooooooooooooooo
    Jutek amat deh bu >,<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s