Amnesia minus Sensitifitas

Menurut om wiki Amnesia adalah  kondisi terganggunya daya ingat. Amnesia disebabkan oleh dua hal, yaitu secara organik atau fungsional.

  • Penyebab organik dapat berupa kerusakan otak, akibat trauma atau penyakit, atau penggunaan obat-obatan (biasanya yang bersifat sedatif).
  • Penyebab fungsional adalah faktor psikologis, seperti halnya mekanisme pertahanan ego.

Mekanisme pertahanan ego sendiri adalah strategi psikologis yang dilakukan seseorang, sekelompok orang, atau bahkan suatu bangsa untuk berhadapan dengan kenyataan dan mempertahankan citra-diri. Orang yang sehat biasa menggunakan berbagai mekanisme pertahanan selama hidupnya. Mekanisme tersebut menjadi patologis bila penggunaannya secara terus menerus membuat seseorang berperilaku maladaptif (kurang peka) sehingga kesehatan fisik dan/atau mental orang itu turut terpengaruhi.

Dari definisi di atas saya menggarisbawahi beberapa hal :

1. Amnesia dapat timbul ketika seseorang terkena trauma hebat

Amnesia temporer merupakan salah satu akibat dari cedera otak. Penyebabnya bisa benturan di kepala, tumor di bagian kepala, terganggunya aliran darah dalam otak, dan hal fisik lainnya. Tapi ada juga penyebab nonfisik, seperti trauma masa lalu, depresi, dan syok akibat suatu peristiwa. Hal psikis seperti trauma pada suatu tragedi atau depresi jelas bisa menjadi penyebab amnesia temporer. Biasanya serangan lupa ini berlangsung enam hingga 24 bulan. Menurut Nurmiati Amir, psikiater dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, sebenarnya sama dengan daya tahan fisik, psikis manusia juga punya sistem kekebalan. Stressor atau penyebab stres, yang berupa masalah atau pengaruh lain dari luar, ibarat virus penyebab penyakit. ”Daya tahan psikologis bergantung pada personalitas dan bagaimana pengalaman masa lalu membentuk kepribadian seseorang,” katanya.

2. Amnesia yang disebabkan oleh faktor psikologis dapat menyebabkan seseorang rela berbuat apapun demi   mempertahankan egonya

Menurut saya seseorang yang terkena amnesia akan lupa diri yang akan mengarah ke egois tingkat tinggi, sehingga apapun akan terpusat kepadanya. Segala sesuatu akan dilakukannya demi membuatnya tampak baik dan sempurna di mata orang lain, meskipun hal itu berarti mengorbankan dan menginjak-injak harga diri orang lain.

3. Seseorang yang terkena amnesia akan kehilangan kepekaan terhadap sekeliling

Tidak jauh berbeda dengan penjelasan poin 2 di atas bahwa amnesia dapat menyebabkan seseorang maladaptive, hilang kesensitifan, hilang kepekaan, kurang mampu menyesuaikan terhadap lingkungan sekitar, sehingga meskipun orang lain kecewa atas tindakannya yang tanpa dia sadari merugikan pihak lain selama dia tidak dirugikan, hal itu sah-sah saja baginya.

4. Amnesia dapat menyebabkan stress akut pada bawahan

Sebenarnya saya tidak ingin menjelaskan lagi di poin 4 ini, namun supaya anda lebih paham maksud saya lebih baik saya ceritakan sedikit. Ya, seseorang yang mengidap amnesia terutama amnesia temporer secara tidak langsung akan menyebabkan stress akut pada anak buahnya sebab jika saat ini ia memberikan disposisi A bukan tidak mungkin dalam 10 menit kemudian berubah menjadi B, dan hal itu terjadi berulang-ulang. Awalnya diminta berkas yang difotokopi, beberapa saat kemudian malah minta  berkas yang asli. Kalo mintanya baik-baik sih ga masalah, kalo sambil marah-marah?!

dari gugel

One thought on “Amnesia minus Sensitifitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s