Jenis-Jenis Manusia (versi Saya)

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang fenomena “jenis” manusia yang pernah saya temui.

LEBAY

Nyari-nyari di kamus ga ada artinya euy! Berarti bukan bahasa baku donk? Ya jelas. Trus apa artinya? Setelah nanya sana-sini akhirnya ketemu juga artinya si lebay ini. Lebay adalah sebuah kata/istilah yang kemunculannya dimulai sejak tahun 2006 yang berarti melebih-lebihkan diri sendiri tanpa memperdulikan tanggapan ataupun pertimbangan-pertimbangan yang ada ditengah masyarakat. Dalam arti singkatnya, Lebay bisa berarti Sombong / Egoistik / Terlalu berlebihan. Dalam berpendapat, mereka yang Lebay biasanya menanggap diri mereka yang benar dan apa yang menjadi sudut pandang ataupun pendapatnya sudah menjadi ketetapan yang sulit diubah lagi. Mereka yang Lebay, sulit untuk menerima pengakuan orang lain yang tidak dia sukai tentang dirinya. Sangat senang menerima apa yang menjadi harapannya dan menolak apa yang tidak dia sukai.

ALAY

Senasib dengan si lebay, alay juga bukan bahasa baku, jadi walopun nyari di kamus sampe nungging-nungging ga jelas, ga bakalan ketemu, percaya deh! Tapi bagi saya, orang alay tuh ciri-cirinya minimal kaya gini:

  1. Yang jelas kalo nulis tuh bikin pusing, jadi ati-ati bagi yang matanya dah minus/plus, hindari membaca tulisan yang beginian. Contoh : qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo yang artinya kamu memang sulit buat sayang sama aku.
  2. Selalu ada aja waktu untuk putu-putu narsis, ga di kereta, di angkot, tentu dibarengi dengan gaya khas kaya monyong-monyong ga jelas, bibirnya didowerin, pokoknya najis deh!
  3. Kalo di fesbuk, siblings-nya banyaaaaaaaaaaaaaak banget! Hampir semua temennya ditulis disono, padahal yang namanya siblings tu kan sodara kandung, kasian banget emak bapaknya harus ngidupin sekian puluh orang anak!
  4. Biasanya kostumnya tuh celana pinsil plus boxer yang sengaja dipamerin, mending kalo boxernya bagus, lah ini dah bulukan, jijik!
  5. Meskipun badan masih segede upil, dah petantang petenteng ngrokok disana-sini, alesannya biar GAOL GETOH!
  6. Saking maraknya fenomena alay saat ini sampe-sampe ada yang rela mencurahkan tenaga, waktu, dan pikirannya untuk membuat kamus khusus bahasa alay.

4LaY d3TEct3D

NARSIS

Nah, kalo ini baru ada artinya. Narsis adalah kecintaan yang berlebihan akan diri sendiri. Gejala umumnya kecenderungan mengunggul-unggulkan diri sendiri, merasa dirinya teramat baik, kagum pada dirinya sendiri membutuhkan sanjungan dari lingkungan sekitarnya, dan tidak peka dengan kebutuhan atau perasaan orang lain. Sedangkan menurut saya narsis adalah ketika seseorang dipastikan hampir selalu memakai embel-embel nama seperti Mahes ganteng, Ichsan tampan, Bunda manis, dan sejenisnya. Dan kayanya sih orang yang berjenis narsis  ini dapat terdeteksi dengan mudah melalui foto-fotonya sebab pasti dia berusaha menonjolkan diri disbanding temen-temennya yang lain, trus di caption foto itu ditulis : Hendra manis! Si Narsis ini akan sengaja melakukan hal-hal yang membuat orang bertanya-tanya mengapa dia melakukannya, seperti make baju penuh bordiran ala tahun 90-an di tahun 2010, sering senyum-senyum sendiri (kalo ini narsis apa gila ya?!). Parahnya, ALAY, LEBAY, dan NARSIS ini seringnya dikombinasikan dalam diri seseorang sehingga orang-orang normal hanya bisa dibuatnya geleng-geleng kepala sambil beristighfar (bagi yang muslim).

SELALU INGIN TAHU (U bukan I)

Hmmm.. yang jelas saya tuh pengen ngaploki orang yang berjenis ini. Bayangin aja jika anda sedang asyik-asyiknya menulis sesuatu di komputer tiba-tiba rekan di sebelah anda mantengin aja tuh monitor, risih ga? Ato kalo misalnya lagi ngomongin suatu rahasia, eh tiba-tiba ada orang datang lalu memposisikan dirinya di antara anda dan lawan bicara anda, sebel gak? Emang sih, seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar itu baik, karena itu menandakan bahwa otaknya masih normal, tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…kalo rasa ingin tahu-nya terlalu besar seperti contoh di atas gimana?!

*dari berbagai sumber

6 thoughts on “Jenis-Jenis Manusia (versi Saya)

  1. ini tulisan tentang teman satu subbagian..
    tentang makhluk kiriman itu ya ? huehehehe…
    ngekek berat..

    sedj

  2. Kata seorang kolega diklat kemarin, orang narsis dapat dideteksi dari status gtalk, facebook, dlsb..menurut ybs, orang narsis dalam ststusnya selalu menuliskan aktivitas yang sedang dilakukannya saat itu. Misalnya: lagi diklat, sedang DL, live from arya dhana (biar ga sebut merk), dsb..Wallahu’alam, benar ga pendapat ini..menurut yang menulis artikel ini bgmn pendapatnya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s