Tempe Bacem-ku Enak!

Pertama kali bikin tempe bacem waktu saya kuliah tingkat 2, sekitar 5 taun yang lalu (lama juga ya ternyata) sesudah itu, ngeblank! Berhubung kemaren beli tempe dan blom diolah, iseng-iseng tak nyoba bikin tempe bacem aja. Setelah nanya-nanya mbah gugel dan sedikit modifikasi ala Bunda Mahes, here it comes……………..

Bahan :

  • Tempe pastinya, diiris agak tebel supaya lebih mantabs
  • air putih untuk ngungkep tempenya (katanya sih lebih enak kalo pake air kelapa)

Bumbu :

  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 cm laos
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 lembar daun salam
  • 1 gelondong gula merah
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula pasir
  • garam secukupnya

Cara Masak :

  • Masak air hingga mendidih
  • Setelah mendidih masukkan tempe beserta bumbu-bumbu di atas
  • Tunggu hingga air menyusut
  • Setelah air tinggal sedikit (jangan sampe kehabisan air lho ya, coz ntar jadi pait!) dan rasanya sudah sesuai selera, matikan kompor
  • Angkat tempe dari panci, tiriskan
  • Goreng di minyak panas, jangan terlalu kering
  • Tempe bacem maknyuss siap dihidangkan🙂

Menurut hasil “penyicipan” yang dilakukan oleh suami saya yang notabene besar di tempat dimana tempe bacem ini berasal, rasanya maknyusssss! hihihi…

Selamat Memasak!

6 thoughts on “Tempe Bacem-ku Enak!

  1. hohoho… tempe bacem… kalo tahu bacem, sama juga ya bikin ya bun?
    makasih udah mampir di blog mirror sayah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s