Dari Anmum Essential >> Bebelac >> Dancow 1+

Saya bangga dengan anak saya! kenapa??? karena dia mau aja diminumin susu merk apapun tanpa penawaran dan fit n proper test terlebih dahulu hahaha…

Begini ceritanya :

Cuti bersalin saya habiskan di rumah orang tua saya di Probolinggo, kultur orang desa adalah dalam 1 blok merupakan rumah 1 keluarga, sehingga kalo ada apa-apa ga perlu jauh-jauh minta tolong :) namun efek samping yang timbul adalah rencana saya untuk dapat memberikan ASI hingga umur 2 tahun tidak dapat terlaksana, hiks… (T_T)

Setelah kelahiran Mahes, sebagaimana layaknya cucu pertama di keluarga saya, otomatis semua anggota keluarga jadi over protektif ke saya terutama Mahes, dari Budhe, Bulik, maupun sepupu-sepupu yang sudah jauh lebih dulu punya anak, semuanya jadi mendadak “cerewet” ke saya! Contohnya antara lain :

  • ga boleh makan sate yang masih dalam keadaan ditusuk ke tusuk sate, kalo tetep pengen, dagingnya harus diporotin dulu dari tusukannya, trus digoreng, baru boleh dimakan (mana enak??????) alasannya adalah karena kalo makan sate yang ditusuk sebelum Mahes berumur 40 hari, maka pusarnya akan berdarah
  • ga boleh makan ikan/daging/telur dan sejenisnya,makannya harus mutih biar cepet pulih kesehatannya,  padahal jelas-jelas saya tuh operasi sesar gitu lho, dimana untuk percepatan proses penyembuhan harus banyak makan daging, ikan, telur, dan buah-buahan yang kaya vitamin C
  • ga boleh makan yang pedes-pedes, takutnya ntar ASInya jadi ikutan pedes
  • kalo mo makan ubi jalar (sabhréng dalam bahasa Madura) harus ngucapin mantra berikut : Saya mo makan ubi ini, tolong anak saya jangan dibikin kembung yaaaa (sampai saat ini saya ga tau harus ngomong kalimat itu ke “siapa”)
  • kalo Mahes cegukan di keningnya ditempelin benang yang diambil dari baju/popok/bedong yang dia pake sambil ngucapin “coccok telor sepetarangan” dalam bahasa Madura, artinya secara harafiahnya sih telur ayam yang masih dalam sarangnya ditusuk satu-satu (jahat ya?!) dengan tujuan supaya cegukannya segera hilang
  • kalo Mahes gumoh, dari ubun-ubun hingga kaki ditiup supaya muntahnya ga terlalu banyak (lha kalo yang niup baru bangun tidur dimana bau mulutnya masih aduhai bukannya malah muntah labih banyak ya?!)
  • diaper bekas dipakai ga boleh dibuang di tempat sampah, harus dipendem di dalem tanah ato dibuang di sungai, kalo ga Mahes bakal gatal-gatal yang ga bisa disembuhkan oleh dokter manapun

TINDAKAN SAYA terhadap “saran-saran” tersebut :

  • bodo amat, tetep aja makan sate yang ditusuk, lagian kalo sate digoreng ya bukan sate lagi donk namanya, tapi empal, ato apalah sejenisnya. Tapi mungkin di balik nasihat ini adalah supaya menghindari makan makanan yang masih setengah mateng yang bisa menjadi pencetus TORCH
  • lah saran dari dokter kandungan yang menangani proses kelahiran saya malah disuruh dibanyakin makan, yo tak turuti donk! malah bisa dibilang makannya jadi banyak banget, dalam sehari bisa ngabisin minimal 6 potong daging, 3 ekor ikan, 3 butir telur rebus, 3 apel, dan 3 jeruk (tentunya 3 gelas jamu pahit juga, yekkkkksss…). Dan alhamdulillah luka bekas operasi saya segera sembuh. betewe, tetangga saya juga operasi sesar selisih 1 bulan sesudah saya, tapi dia makannya “mutih”, walhasil jahitannya kurang sempurna dan denger-denger dijahit lagi, wedewww…ngeri amat yak!
  • kalo untuk yang masalah ini kebetulan dari kecil saya memang ga suka pedes, jadi ga ngaruh ke sayanya :p
  • hmmm..seperti biasa, hajar bleh! lagian kaya makan apa aja harus baca mantra kaya gitu!
  • kalo nyabutin benang dari pakaian yang sedang dipake Mahes bukannya malah ngerusak baju ya?! ya jelas ga saya ikutin donk! ;)
  • kalo Mahes gumoh, ya langsung tak gendong berdiri sambil ditepuk-tepuk punggungnya, ok!
  • yeeeeeeee…koq malah jadi buang sampah ke sungai sih?! ya kalo di rumah saya masih banyak tanah masih bisa dikubur di belakang rumah, lah kalo di jakarta???? mo dikubur di kebon orang?!

Well, kita kembali ke topik utama, jadi karena produksi ASI saya berlimpah, daripada rembes ga berguna akhirnya saya inisiatif untuk merah ASI dan disimpen di kulkas (itung-itung belajar nyetok ASI kalo ntar dah kerja lagi). Nah, disitulah letak kesalahannya! stok ASI itu diminumin ke Mahes kalo saya lagi mandi/makan pake DOT! padahal seharusnya pake sendok aja! Awalnya saya beranikan untuk meminta para Budhe, Bulik, dll supaya nyuapin ASI ke Mahes pake sendok aja, tapi karena banyaknya alesan takut tersedak lah, tar nangis lah, minumnya dikit lah, akhirnya saya nyerah juga, terserah deh mo dipakein botol juga gapapa! Dan kebiasaan itu berlanjut hingga saya kembali ke jakarta, karena Mahes bener-bener sudah terbiasa dengan dot!

Tiga bulan pertama  di Jakarta fine-fine saja, stok ASI saya dari awalnya hanya 8 bungkus dalam waktu ga begitu lama meningkat jadi 100 bungkus, sampe-sampe freezer saya ga muat, bahkan ada yang dibuang, kalo ga salah sekitar 6 bungkus terbuang percuma,hmmm…  Awal kecurigaan saya adalah ketika Mahes selalu nangis dan menolak  pada saat menyusu, ni anak kenapa pikir saya, trus berdasarkan saran dari tetua, sebelum nenenin Mahes saya buang dulu ASI saya sedikit. Cara ini awalnya efektif, Mahes tetep mau nenen, tapi lama kelamaan dia nagis terus, dan karena saya juga ga tega ngeliat dia “tersiksa” tiap kali mo nenen, akhirnya saya minumin Mahes lewat botol. Dan karena sudah terlanjur nyaman dengan botol, Mahes akhirnya bener-bener ga mau nenen langsung ke saya, akibatnya sejak umur 4 bulan hingga 7 bulan Mahes otomatis minum ASIP, hiks…

Dan dari sinilah bencana itu bermula! Akibat terlalu lama ga dinenenin langsung ke Mahes akhirnya produksi ASI saya menurun. Saya panik, langsung saya konsumsi suplemen penambah ASI, sayur-sayuran, konsultasi ke Klinik Laktasi, tapi hal itu tidak terlalu banyak membantu. Suplemen penambah ASI hanya bekerja awal-awal saja, selanjutnya produksi kembali menurun. Hmmmmmmmm…hingga suatu hari ASIP di kulkas tinggal 4 bungkus, dan itu ga cukup untuk diminum dalam sehari, akhirnya tega ga tega saya nekat beli sufor! hiks… Sufor pertama yang saya coba adalah Nutrilon Royal, Mahes ga nolak. Trus setelah saya tau ada Anmum Essential (sewaktu hamil saya mengkonsumsi susu Anmum, dan saya suka rasanya :) ) saya beralih ke merk tersebut, daaan…Mahes tetep mau tanpa ada keluhan apapun!

Setelah mencocokkan antara kantong dan kebutuhan susu Mahes akhirnya saya cari produk yang lebih murah dengan tetap menjaga kualitas, akhirnya ketemulah saya dengan Bebelac 2, dan Mahes seneng-seneng aja sampe dia umur 1 tahun (Bebelac 2 untuk usia 7-12 bulan). Setelah berusia 1 tahun, saya mencoba untuk memberi Mahes susu UHT, saya ambil produksi Ultrajaya, tapi ternyata walaupun sudah saya encerkan keesokan harinya Mahes langsung diare, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan pemberian susu UHT. Kemudian saya coba dengan susu kedelai, keluhan sih ga ada, botol pertama diminum dengan lahap, tapi sayangnya Mahes ga mau bertahan untuk botol kedua dan seterusnya,hmmmmm…

Sekitar sebulan yang lalu ga ada angin ga ada ujan tiba-tiba timbul niat saya untuk ngasih Mahes susu produksi dalam negeri (kebanyakan sufor kan masih impor), saya pilih Dancow 1+ rasa vanilla, setelah saya icip-icip rasanya lebih manis daripada sufor-sufor sebelumnya, karena saya khawatir asupan glukosanya berlebihan, saya putuskan untuk mengencerkan konsentrasinya (-nya refers to susu Dancow 1+).  Dan sampe saat ini Mahes masih minum susu Dancow 1+,alhamdulillah tanpa ada keluhan, BB terakhir 11,5 kg.

Yup, begitulah liku-liku “kehidupan” Mahes, yang sehat ya nak!

special thanks buat mb Lia (Rosmalia) yang telah menginspirasi saya untuk mencoba memberikan susu Dancow ke anak saya :)

tulisan ini bukan bermaksud mempromosikan produk-produk tertentu, sekedar sharing dari saya!

15 thoughts on “Dari Anmum Essential >> Bebelac >> Dancow 1+

  1. Emak-emak banget! untung aku ga jadi Mahes, coba kalo ga pasti jadi korban penghematan! (kayak anggaran aja dihemat…hehe)

  2. wah makasih informasinya…saya jg pernah dpt cerita dr teman soal ksh ASI pake dot.
    krn hrs perjalanan dinas keluar kota akhirnya dia hrs ksh ASI ke anaknya pake dot tp setelah itu malah anaknya ga mau netek lg.
    InsyaAllah pertengahan Agustus nanti saya melahirkan, mudah2an bisa trs ksh ASI meski ditinggal kerja.
    keep posting kawan & selalu berkarya dimanapun kita berada :)

  3. Semoga anak kedua bisa memberikan full ASI ya mbak..
    Menurutku, klo misalnya gak mau “nen” lagi krn sudah sering mimik dari botol, justru harus di “stop” mimik dari botolnya dan hanya “nen” aja.. meski harus adaptasi lama, tapi gpp kok.. secara si anak udh haus dan gak dikasi pilihan lain, maka dia pasti mau “nen” lagi.

    salam hangat utk Mahes ^_*

  4. Sungguh artikel yang menarik, perkenalkan kami adalah Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua. Kami bertekad memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Melalui motto: “Serasa melahirkan dirumah sendiri”, Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua Surabaya akan memberikan pelayanan dengan dedikasi tinggi. pelayanan kebidanan dan kandungan yang aman, efektif dan bermutu dalam suasana kekeluargaan yang kental dengan sentuhan penuh kasih sayang. More info (031)7526071

  5. mba,saya mw tanya, anak saya brumur 6 bulan,sblmnya minum sufor frisian flag 0-6bulan,dia cocok bgt, tp stlah mw perpindahan 6bln keatas,dia ga cocok dgn frisian 6-12bln,sering mencret,saya mw bebelove 2,tp gmana proses pergantian nya,apa stlh frisian 2,dijarakin dulu atau lngsng aja ganti saat itu jg! Makasih

  6. Hihi lucu banget deh Bund ceritanya di atas tuh, apalagi yg maem ubi harus baca mantra segala :D Aku juga loo Bund waktu habis melahirkan banyak bgt pantangannya, yg masuk diakal sih aku turutin aja..hhee.
    Anak aku juga dulu minumnya sufor, padahal pengen bgt bisa Asi Eksklusif :(

  7. anakq usia 7 bulan,masih ASI eksklusif,tapi akhir2 ini klau disuruh makan bubur susu susah,kadang malah gak mau,dikasih suplement makanan malah mencret,apa butuh sufor untuk tambahan ya?

  8. Haha lucu ya ceritanya, saya juga dari hamil sampe melahirkan ga ada pantangan mkn bun,,pokonya hajar terus smp naik 21 kg. Alhamdulillah kurus sendiri tuh dan anakqu juga masih Asi.Kl skrg lg bljr minum sufor di dot soalnya 2 bln lg di sapih pas 2 thn nanti;)

Leave a Reply

