Sedia Payung Sebelum Hujan

Menurut Wikipedia, arti dari peribahasa di atas adalah

Sedia payung sebelum hujan : artinya 1. mengantisipasi masalah sebelum masalah tersebut itu terjadi. Terutama yang dimaksud adalah menabung dahulu selama bisa, atau selama hari muda. Nanti jika ada musibah sudah lebih mudah ditanggulangi; 2. harus selalu waspada sebelum segala sesuatu terjadi

Hal itu juga yang selalu dipraktikkan di tempat kerja saya, terutama untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Apalagi posisi kami yang bergerak di bidang pelayanan jasa menuntut kami untuk dapat memberikan servis sebaik-baiknya kepada stake holder kami baik dari struktural maupun fungsional. Nah, seringkali dalam rapat pembahasan masalah/kasus di atas, kami para kroco diminta untuk menyiapkan bahan-bahan rapat yang seabreg dalam waktu singkat (dalam rapat terakhir tenggat waktu yang diberikan untuk menyiapkan bahan hanya sekitar 30 menit), tentu saja karena kami kroco yang harus mampu berperan sebagai SUPERMAN dalam arti sebenarnya, maka kami harus bisa menyelesaikan tugas itu. Tapi sayangnya segala jerih payah kami itu tak berharga ketika dihadapkan pada pimpinan rapat yang ternyata hanya membahas permasalahan global saja dan cara membahasnya pun santai, tidak nggethu hingga menimbulkan kerutan di kening dan cibiran di mulut, yang artinya bahwa kami secara tidak langsung turut berperan dalam peningkatan global warming yang tengah melanda bumi ini sebab banyak kertas terbuang percuma karena tidak terpakai lagi, hmmmmmh..

Jadi kesimpulan saya, sedia payung sebelum hujan itu sangat baik dan perlu diterapkan, namun jika payungnya terlalu besar atau payungnya terlalu banyak, jadinya kita sendiri yang kerepotan mbawanya!

#tulisan ini adalah benar adanya, jika ada nama dan lokasi yang sama, itu merupakan kejadian yang disengaja

About these ads

3 thoughts on “Sedia Payung Sebelum Hujan

  1. speechless,,harus ngomong apa ya…
    susah juga c kalo punya temen yang segitu ngefansnya dan perhatiannya mantau aktivitas saya.sampe2..saya pindah unit kerja pun dia ikutin juga dengan sabarnya..
    ya…saya hanya bisa mengatakan…terima kasih bunda mahes,,karena telah membantu memopulerkan nama saya..kalo nyewa wartawan kan harus bayar,,tapi ini gratis,,
    mahes..mahes…bunda-mu tuh emang z***r deh…

  2. maaf..ternyata saya salah menaruh komen..
    seharusnya itu untuk artikel temanku business woman (2)
    maafkan sodara-sodara…
    z***r is z*p*r

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s